Senin, 19 Januari 2015

Dampak Sosial dan Fenomena Perkembangan Teknologi Komunikasi

A. Dampak Sosial yang terjadi dari Perkembangan Teknologi Komunikasi

          Berikut ini adalah beberapa dampak sosial yang terjadi pada masyarakat dikarenakan Perkembangan Teknologi Komunikasi yaitu:
1. Kesenjangan sosial yang mulai hilang dan semakin akrabnya manusia dengan benda mati. Maksudnya adalah semakin orang tersebut mengenal teknologi seperti smartphone, Tab PC, maka ia akan semakin lebih mencintai gadget-gadget tersebut.
            Sekalipun gadget-gadget tersebut mampu mempertemukan dan menghubungkan kita dengan teman-teman lama yang mungkin berada di lokasi yang sangat jauh dari kita. Namun, sangat tidak etis ketika ia rela berkomunikasi atau asyik dengan gadget-gadgetnya, sementara ia lupa dan tidak memedulikan siapa dan apa pada seseorang yang berada tepat di sampingnya atau di dekatnya. Biasanya penyakit ini dikenal dengan sebutan “menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh.
2. Malas dan manja. Tanpa kita sadari, perkembangan teknolgi informasi dan komunikasi juga bisa memilki dampak ke sifat manusia. Kita semua tahu, bahwa dengan datangnya teknologi yang terus berkembang, akan menjadikan manusia bisa melakukan semua aktifitasnya dengan teknologi tersebut. Hal ini, bila telah dibiasakan sejak kecil akan membuat manusia tersebut menjadi malas. Contohnya, seperti perhitungan matematika yang kini cukup dengan kalkulator, pencarian tugas yang cukup dengan klik (google) bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Sifat malas ini juga bisa berakibat fatal pada lingkungannya. Ia akan sulit diterima di lingkungan karena sifat malasnya tersebut.
3. Ketergantungan.Jika kita melihat setiap orang yang sudah sangat dekat dengan teknologi atau gadget, ia sulit bahkan tak pernah melepas teknologi maupun tersebut dari tubuhnya. Seolah-olah ia tak bisa hidup tanpa adanya teknologi tersebut. Hal inilah yang membuat manusia menjadi selalu ketergantungan terhadap teknologi dan membuat mereka menjadi enggan untuk berkomunikasi dengan sosial sekitarnya dan lebih memilih dirinya untuk berinteraksi dengan teknologi yang dimilikinya, biasanya ini disebut dengan “hilangnya sensitifitas terhadap lingkungannya (antisocial behavior)”.
4. Inovasi-inovasi di berbagai bidang kehidupan dan penyebaran informasi yang rata dan serentak yang dapat di akses oleh setiap lapisan masyarakat.
5. Perubahan tingkah laku, sikap dan psikologis. Teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan dampak pada psikologis seseorang. Tidak sedikit orang-orang yang sudah ketergantungan dengan teknologi, ia akan menjadi kaku untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Dan merasa tidak nyaman beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, karena ia sudah nyaman dengan teknologi ataupun gadgetnya.
6. Memberikan berbagai kemudahan bagi manusia dalam menjalankan kehidupan serta menjadikan pekerjaan manusia menjadi lebih cepat dan lebih efektif.
B. Fenomena sosial yang terjadi dari PTK
          Fenomena sosial karena adanya perkembangan teknologi ini adalah sebagai berikut:
  • Perilaku manusia yang tidak dapat lepas dari teknologi mengakibatkan berbagai macam penyakit yang menjadi efek dari unsur-unsur yang ada pada komponen teknologi tersebut.
  • Perubahan pola perilaku manusia yang menomorsatukan teknologi.
  • Penyakit ‘autis’ menjadi istilah bagi pengguna teknologi yang cenderung terfokus pada teknologi yang digunakan.
  • Saat ini Alat komunikasi sudah beralih fungsi menjadi suatu hal yang mencirikan status sosial seseorang. Orang berlomba-lomba mengganti gadgetnya setiap ada terobosan baru agar dianggap uptodate dan gaul.
  • Jejaring sosial menjadi candu bagi masyarakat, jejaring sosial memang telah mengubah gaya hidup banyak orang.
          Media sosial yang saat ini menjadi idola bagi kaum remaja banyak disalah gunakan oleh para remaja atau bagi beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab, cyber crime, human trafficking, hacker, perilaku asusila yang menimpa anak di bawah umur, pembajakan lagu dan video dan perilaku-perilaku yang tidak bertanggung jawab lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar