Senin, 19 Januari 2015

Komunikasi Interaktif, Komunikasi Antarpersona, dan Komunikasi Massa


A. Komunikasi Interaktif
          Komunikasi interaktif artinya proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dengan adanya suatu aksi atau tanggapan secara langsung, baik melalui media maupun tidak melalui media. Komunikasi interaktif di sini juga bisa berarti bahwa proses dalam komunikasi sendiri menimbulkan tanggapan secara langsung dari penerima pesan.
         Contohnya yaitu penggunaan media internet seperti chatting dan email. Di sini antar pengirim dan penerima pesan bisa langsung berinteraksi ataupun langsung bisa mendapatkan feedback dari penerima pesan atau komunikan. Contoh yang kedua yaitu penggunaan media elektronik seperti televisi. Pada contoh ini, pengisi atau pembawa suatu acara dapat berinteraksi dengan penerima pesan (pemirsa/penonton) di rumah melalui layanan telepon interaktif. Biasanya terjadi di acara talk show atau kuis.
1) Alat atau Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Interaktif
  • Televisi, yaitu melalui film atau acara televisi, komunikasi interaktif dapat terjadi.
  • Teleteks, adalah sistem penyampaian informasi yang pemancarnya memanfaatkan garis televisi yang tidak digunakan untuk pengiriman sinyal gambar dan suara. Contohnya, teks keterangan adegan yang ditampilkan untuk orang yang kesulitan mendengar ataupun subtitle pada film.
  • Running teks yaitu teks berjalan atau adalah bentuk modern dari teleteks biasanya muncul di bagian bawah secara berjalan.
  • Video teks adalah layanan komunikasi interaktif yang memberikan informasi yang diperoleh dari komputer server melalui telepon atau kabel untuk ditampilkan di televisi (video). Berbeda dengan teleteks, video teks memiliki kemampuan yang lebih canggih. Kita tidak hanya dapat memperoleh informasi, melainkan kita dapat ikut terlibat secara langsung di dalamnya. Contohnya, terdapat jadwal keberangkatan kereta api di layar televisi. Selain mengetahui informasi waktu dan harga tiket kereta, kita juga dapat memesan tiket tersebut. Transaksi dapat dilakukan melalui komputer server seperti berbelanja. Selanjutnya kita harus melakukan pembayaran di bank dan langkah semacam berbelanja online.
2). Komunikasi interaktif di abad 20
          Memasuki abad ke-20, media yang digunakan untuk berkomunikasi interaktif semakin memuncak. Dengan ditemukannya gadget, kita dapat berkomunikasi melalui sosial media, instant messaging, dan sebagainya yang sangat membantu interaksi dengan orang lain secara cepat, praktis, dan efektif.
B. Karakteristik kom. Interaktif, antarpersona, dan massa
  • Komonukasi Interaktif dilakukan ketika terjadi interaksi antara dua orang atau lebih (biasanya melalui telepon, radio, dan messaging)
  • Komunikasi Antarpersona komunikasi yang dilakukan kepada pihak lain untuk mendapatkan umpan balik, baik secara langsung (face to face) maupun dengan media. Berdasarkan definisi ini maka terdapat kelompok maya atau faktual
  • Komunikasi Massa otoritas terdapat pada media massa yang memproduksi pesan. Cenderung berfokus pada teknologi
  • Perhatikan konteks, ruang, dan waktu dari ketiga hal tersebut, dan itulah yang membedakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar